Header Ads

Manfaat Bawang Dayak Sebagai Sahabat Kesehatan

Manfaat Bawang Dayak Sebagai Sahabat Kesehatan -  Kondisi badan manusia tentunya tidak akan selalu sehat. Kesehatan manusia banyak di pengaruhi oleh berbagai hal. Di mulai dari cuaca, makanan yang di konsumsi, kebiasaan sehari-hari, pola tidur, dan mengkonsumsi tembakau atau tidak.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan pun masih banyak yang bisa menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang. Agar aktivitas sehari-hari tidak tidak terganggu karena masalah kesehatan, tentunya kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh. Namun bila memang sudah terserang penyakit, pengobatan merupakan satu-satunya solusi yang harus dilakukan.

Pengobatan yang bisa di lakukan tidak selalu berkaitan dengan pengobatan medis, pilihan lain sebenarnya juga tersedia, melalui pengobatan secara herbal yang di percaya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Salah satu pengobatan herbal yang direkomendasikan adalah pengobatan dengan bawang dayak.
Manfaat Bawang Dayak Sebagai Sahabat Kesehatan

Mengenal Apa Itu Bawang Dayak

Bawang biasanya merupakan bumbu dapur yang berfungsi melezatkan setiap masakan. Bawang dayak ini memang mempunyai bentuk yang mirip dengan bawang merah. Yang membedakan bawang dayak dengan bawang merah pada umumnya adalah aroma yang ditimbulkan. Bawang dayak tidak memiliki bau sama sekali. Bila di lihat dari ciri-ciri khususnya, bawang dayak ini memiliki warna merah yang sedikit terang.

Selain itu tumbuhan bawang dayak ini termasuk jenis umbi-umbian dengan permukaan buah yang sangat licin. Daunnya merupakan daun yang berpasangan dengan bentuk daun bersirip ganda. Sedangkan pada tulang daunnya termasuk tulang sejajar. Ciri daunnya yang terlihat adalah bentuk daunnya berbentuk pita dengan berbentuk garis. Sedang tepi daunnya juga sedikit licin.

Ciri-ciri lain tumbuhan ini adalah jenis tumbuhan yang merumpun dan mengakar secara kuat. Tumbuhan bawang dayak bisa tumbuh dengan tinggi maksimal mencapai 26 hingga 50 cm. Selain itu bawang dayak ini pada usia tertentu akan mengeluarkan bunga yang indah sehingga banyak manfaatkan juga sebagai tanaman hias.  Bunga dari bawang dayak ini memiliki warna putih cerah yang bermekaran hanya pada waktu sore menjelang malam. .

Tanaman bawang dayak ini ternyata dapat di manfaatkan sebagai pencegahan dan penyembuhan berbagai macam penyakit. Hal itu dikarenakan bawang ini memiliki kandungan kimia yang bermanfaat, antara lain adalah fitokimia yang terdiri dari glkosida, flavonoid, fenolik, steroid dan juga zat tannin. Kandungan pada bawang dayak ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diabetes. Hal itu merupakan peran beberapa senyawa pada bawang ini yaitu alkaloid, flavonoid, dan juga saponin. Tidak hanya berkhasiat pada diabetes, bawang ini juga dapat di manfaatkan untuk pengobatan segalam macam kanker dan tumor.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Bawang dayak merupakan tumbuhan umbi-umbian yang bisa dijadikan sebagai obat penyembuhan atau pencegahan suatu penyakit. Bawang dayak ini bisa dipergunakan disaat bawang tersebut masih segar ataupun dalam bentuk bawang dayak kering.

Tentunya bawang dayak kering akan dapat bertahan lebih lama di bandingkan dengan bentuk bawang yang segar. Dalam proses pengeringan, kadar air yang terkandung dalam bawang dayak akan berkurang, begitu juga dengan reaksi-reaksi zat aktifnya.

Proses pengeringannya tidak boleh dilakukan di suhu panas matahari yang terlalu tinggi dan memakan waktu yang lama. Proses pengeringan yang terlalu lama akan mengakibatkan perubahan kimia pada kandungan senyawa aktifnya.

Suhu yang tepat pada proses pengeringan berkisar antara 40 hingga 60 derajat celcius. Dengan demikian kadar air yang tersisa tinggal 10 %, selain itu manfaat bawang dayak masih bisa berkhasiat untuk kesehatan manusia.


Bawang dayak memang merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Kalimantan. Jenis tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan ini telah dipercaya oleh masyarakat sekitar. Umbi bawang dayak ini lebih berkhasiat di bandingkan dengan jenis bawang merah lainnya. Bawang dayak biasanya dijadikan obat tradisional yang bermanfaat dalam penyembuhan berbagai penyakit. Manfaat bawang dayak ini bisa dijadikan penyembuhan penyakit segala usia.

Bawang dayak ini memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan penyakit yang banyak di alami manusia. Biasanya penyakit tersebut hanya bisa di obati dengan pengobatan secara medis. Namun bagi anda yang tidak ingin menerima efek samping akibat pengobatan yang mengandung bahan-bahan kimia. Manfaat bawang dayak ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit kanker, jantung, dan tumor. Hal itu dikarenakan bawang dayak mengandung zat anti kanker, antitumor dan juga anti inflamasi.

Selain zat-zat diatas, manfaat bawang dayak dapat dijadikan sebagai antioksidan. Dimana saat ini manusia banyak terpapar banyak sekali radiasi bebas yang berasal dari lingkungan sekitar. Radiasi bebas bersumber dari udara di sekitar, sinar matahari dan juga polusi. Dengan demikian dengan mengkonsumsi bawang dayak secara teratur, manfaat positif bawang dayak akan bekerja sebagai penangkal radiasi bebas. Selain itu juga berperan sebagai antioksidan bagi kesehatan tubuh.

Cara mengkonsumsi bawang dayak yang tepat adalah dengan mengkonsumsi bawang dayak yang segar maupun bawang dayak yang kering. Untuk bawang dayak segar, adalah dengan menyeduh irisan satu suing bawang. Satu siang bawang dayak setara dengan 30 gram. Bawang tersebut di seduh dengan segelas air panas dan dipanas diatas api kecil dan usahakan jangan sampai mendidih air. Hal tersebut dilakukan agar senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam bawang dayak tidak akan menghilang. Dengan cara konsumsi yang tepat tentunya manfaat bawang dayak akan diperoleh secara manjur.



JUAL BAWANG DAYAK
Tertarik Mencoba Bawang Dayak? Ingin Order Bawang Dayak?


Bawang Dayak / Bawang Tiwai/ Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia Merr) memiliki kandungan fotokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial. Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, Bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba.

Bawang dayak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit, dari ringan sampai berat antara lain: diabetes, asam urat, hipertensi / darah tinggi, radang usus, ginjal, prostat, segala jenis kanker dan tumor (kista, myom, kanker payudara, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening, kanker paru paru, kanker usus dll), TBC, asma, migrain, vertigo, ambeien, stroke, kolesterol, bronkhitis, hepatitis, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, radang rektum, asam urat, radang prostat, peluruh lemak, bisul, rematik, amandel, maag, gangguan pencernaan lambung, gondok, gangguan seksual/vitalitas, keputihan, pelupa/menurunnya fungsi ingatan dan semua penyakit kronis yg berhubungan dengan darah

Aturan pakai (untuk semua jenis penyakit) :
- Ambil 5-6 butir bawang, cuci bersih, dan potong kecil-kecil
- Rebus bawang dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya
- Minum air rebusan bawang, sehari 2x

Bawang Dayak Segar
Harga : Rp.60.000/kg
Beli 4 kg Gratis 1 kg
Bawang Dayak Kering
Rajangan : Rp.150.000/kg
Serbuk : Rp.175.000/kg

Order via SMS / Whatsapp ke :
0857-5253-3377
PIN BBM :
D373F425
Kirim SMS/Whatsapp dengan format :
NAMA, ALAMAT LENGKAP, NO. HP, PRODUK YG DIPESAN, JUMLAH PESANAN
Contoh : 
Ahmad Wahyudi, Jl. Mampang Prapatan II No. 15 RT. 36 RW. 11 Jakarta Selatan 12790, HP. 0813264575788, Bawang Dayak, 1 Kg
  • Setelah menerima SMS Anda, segera kami balas dengan total harga dan ongkos kirim serta nomor rekening transfer (BCA) untuk pembayaran.
  • Begitu transfer kami terima, barang segera kami kirim dan no resi pengiriman akan kami beritahukan via SMS/Whatsapp.

Tidak ada komentar